Trending

Tips Perencanaan dalam Memulai Bisnis Bagi Pemula

Setelah Anda memiliki ide bisnis, sekarang saatnya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk merencanakan bisnis Anda.

1. Riset

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, Anda harus melakukan riset. Pelajari tentang industri. Pelajari pesaing Anda. Temukan cara untuk meningkatkan apa yang sudah ditawarkan di pasar.

2. Evaluasi

Tidak cukup hanya memiliki ide bisnis. Anda harus mengevaluasinya. Jangan mengevaluasi ide bisnis Anda secara emosional. Bahkan jika Anda menyukai ide bisnis, Anda harus melihatnya secara objektif. Mintalah orang lain, lebih disukai dengan pengalaman bisnis, untuk mengevaluasi ide bisnis Anda. Bersiaplah untuk mewujudkan ide bisnis Anda.

3. Terapkan

Setelah Anda melakukan penelitian dan mengevaluasi rencana bisnis Anda, inilah saatnya untuk mengambil tindakan. Penting untuk memiliki daftar item yang dapat ditindaklanjuti dengan tenggat waktu.

4. Dapatkan bantuan

Sebuah bisnis membutuhkan banyak keterampilan. Anda tidak tahu segalanya. Karena itu, Anda harus membangun tim di sekitar Anda. Paling tidak, Anda harus berkonsultasi dengan pengacara, akuntan, dan profesional pemasaran. Pengacara akan membantu Anda dengan entitas bisnis yang tepat untuk bisnis Anda. Pengacara Anda juga dapat membantu dengan kontrak. Konsultasikan dengan profesional pajak. Bicaralah dengan profesional pemasaran tentang akuisisi klien.

5. Tetapkan tujuan

Pengusaha sukses menetapkan tujuan dan menindaklanjutinya. Tujuan Anda harus terukur. Alih-alih “menumbuhkan bisnis”, tujuan Anda harus menyatakan: “Saya akan mendapatkan sepuluh klien baru dalam 30 hari ke depan. Sepuluh klien dalam 30 hari dapat diukur. Jika Anda ingin mencapai tujuan Anda, Anda harus membuatnya terukur.

6. Mulai bisnis Anda

Setelah Anda melakukan perencanaan, sekarang saatnya untuk memulai bisnis. Ini adalah waktu yang menyenangkan. Anda memasuki yang tidak diketahui. Anda akan membuat kesalahan. Gunakan kesalahan Anda sebagai kesempatan untuk belajar.

7. Tetap dengan itu

Banyak bisnis gagal karena lebih mudah untuk berhenti daripada berjuang melewati kesulitan membangun bisnis. Berhasil dalam bisnis tanpa tantangan adalah mustahil. Menjadi seorang wirausahawan adalah tentang mengatasi tantangan. Bicaralah dengan pengusaha tentang tantangan bisnis. Ini akan membantu Anda melewati mereka.

8. Sesuaikan

Sering kali, dalam bisnis, Anda harus melakukan penyesuaian. Pivot adalah kata yang populer untuk ini dalam bisnis saat ini. Setiap hari Anda akan belajar lebih banyak tentang bisnis Anda, industri Anda, dan pelanggan Anda. Berdasarkan apa yang Anda pelajari, Anda akan dapat membuat penyesuaian yang tepat.

9. Bersabarlah

Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun bisnis yang sukses. Beri diri Anda waktu. Pahami bahwa semua yang Anda coba atau lakukan mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan.