Trending

7 Masakan Khas Kamboja yang Wajib Anda Coba

Jika Anda pernah ke Kamboja, saya yakin kenangan terindah dari perjalanan anda mungkin melibatkan beberapa makanan lezat yang Anda temukan. Masakan Kamboja enak dan beragam. Tapi itu sering dibayangi oleh Thailand dan Vietnam, yang berkuasa sebagai raja masakan di Asia Tenggara. Sementara sorotan liburan Kamboja dikenal di antara para wisatawan yang cerdas, beberapa tidak tahu hidangan lezat apa yang tersedia untuk mereka ketika mereka merencanakan perjalanan, berikut adalah 7makan khas Kamboja terbaik yang harus Anda coba.

1. Lok Lak

Hidangan daging sapi tumis yang disiapkan dengan kecap, saus tiram, dan sedikit gula aren, lok lak adalah makanan pokok dalam masakan Kamboja. Ini dapat ditemukan di hampir setiap restoran di seluruh Kamboja. Beberapa restoran menyajikannya dengan kentang goreng dengan telur, tetapi lok lak secara tradisional disajikan dengan nasi putih; sempurna untuk menyerap saus manis. Anda kemungkinan besar akan menemukan sisi saus jeruk nipis & merica juga, yang terkenal di daerah tersebut. Eleven One Kitchen adalah tempat makan siang yang enak di Phnom Penh, menyajikan masakan Kamboja yang sehat dengan harga terjangkau termasuk daging sapi lok lak.

2. ikan mengamuk

Meskipun deskripsi amuk ikan mungkin terdengar kurang menggugah selera, jangan biarkan hal itu membuat Anda kecewa! Hidangan ini terdiri dari ikan yang telah dikocok menjadi mousse dan menggabungkan santan segar dan pasta kari Khmer. Hidangan ini memiliki rasa yang sedikit pahit berkat penambahan Stok Ngor. Ini adalah ramuan lokal, dan juga bagaimana Anda dapat membedakan antara amuk ikan Kamboja dan versi Vietnam. Jika Anda makan di restoran kelas atas, Anda akan menemukan ikan Amok Anda disajikan dikukus dalam daun pisang. Tetapi penduduk setempat lebih suka direbus, yang mengubahnya menjadi hidangan yang lebih pekat.

3. Bai Sach Chrouk

Meski namanya terdengar eksotis, Bai Sach Chrouk adalah babi dan nasi. Hidangan ini dapat ditemukan di hampir setiap sudut jalan di Kamboja. Dan meskipun ini adalah salah satu hidangan paling sederhana, itu juga salah satu makanan paling lezat. Daging babi diiris sangat tipis sebelum dipanggang perlahan di atas bara panas. Kadang-kadang direndam dalam santan, meskipun beberapa penjual lebih suka menggunakan bawang putih. Daging babi kemudian disajikan di atas nasi pecah dan acar mentimun serta lobak daikon dan jahe. Salah satu restoran terkemuka Kamboja dengan pendirian di Phnom Penh dan Siem Reap, Malis adalah tempat sarapan populer yang menyajikan Bai Sach Chrouk bersama croissant gratis, teh Cina tanpa dasar, dan makanan penutup jagung manis – hanya dengan USD $4.

4. Lap Khmer

Lap Khmer adalah salad daging sapi Khmer yang diasinkan dengan jeruk nipis, bergaya ceviche. Daging diiris tipis-tipis dan bisa dibakar dengan cepat, atau seperti yang dilakukan oleh juru masak tradisional, menyembuhkannya dengan gaya ceviche dalam air jeruk nipis. Salad selesai dengan bawang merah, kecap ikan, bawang putih, serai, mint, hijau, basil Asia, kacang hijau, dan paprika hijau. Ini adalah hidangan manis dan asin dengan sedikit bumbu berkat tambahan cabai merah segar. Menyajikan masakan klasik Kamboja termasuk salad Lap Khmer yang lezat, menu The Sugar Palm dirancang agar para tamu dapat memesan pilihan hidangan untuk dibagikan.

5. Kdam Chaa

Kepiting goreng adalah makanan khas yang berasal dari kota Kep, Kamboja. Pasar ikan di sana menyajikan kepiting goreng dengan lada Kampot lokal. Anda harus mengunjungi Kep untuk mencicipi yang terbaik, tetapi Anda akan dapat menemukan hidangan ini di seluruh negeri. Salah satu restoran terbaik di Kep untuk mencoba hidangan ini adalah Sailing Club, di mana para tamu dapat bersantap di tepi pantai dengan sunset.

6. Ang Dtra-Meuk

Sekali lagi, namanya terdengar tidak masuk akal, tetapi ini adalah hidangan cumi bakar yang lezat. Cumi-cumi segar diolesi dengan saus ikan atau air jeruk nipis, lalu ditusuk sebelum dipanggang. Makanan ringan tersebut kemudian disajikan dengan saus celup Kamboja yang terbuat dari cabai segar, kecap ikan, bawang putih, air jeruk nipis, dan gula. Daging dan ikan yang disajikan dengan tongkat kemudian dicelupkan ke dalam saus adalah hidangan yang banyak ditemukan di pasar Kamboja, termasuk Pasar Lama dan Pasar Malam.

7. Cha Houy Teuk

Cha Houy Teuk adalah makanan penutup jelly Kamboja yang manis dan lengket. Makanan penutup ini dibuat dengan ketan dan sagu. Ini direndam dalam santan dan kemudian diberi kacang merah dan nangka. Versi yang harus Anda coba adalah yang dibuat dengan Agar Agar, jeli Khmer yang terbuat dari rumput laut. Ini biasanya disajikan dengan beberapa kacang (mung) serta santan kental. The Shop menyajikan berbagai makanan manis di lima lokasinya di seluruh Kamboja.