Perbedaan RNA dan DNA Yang Jarang Diketahui

RNA dan DNA merupakan dua buah organel sel yang memulai kehidupan. RNA dan DNA sendiri merupakan rangkaian dari asam amino yang berfungsi untuk menyimpan informasi biologis makhluk hidup. Baik RNA dan DNA sendiri keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam proses sintesis protein. RNA dan DNA sendiri mempunyai perbedaannya. Adapun perbedaan RNA dan DNA antara lain sebagai berikut.

1. Fungsi

Perbedaan RNA dan DNA yang pertama dilihat dari segi fungsinya. Fungsi dari RNA sendiri antara lain sebagai pengendali sintesis protein. Sedangkan fungsi dari DNA lebih kompleks lagi, yakni sebagai pengendali aktivitas genetis atau yang sering dikenal dengan faktor keturunan serta berfungsi dalam kegiatan sintesis protein.

2. Letak

Sedangkan perbedaan letak dari RNA dan DNA sendiri berbeda. RNA bisa ditemukan pada beberapa organel dari inti sel, sitoplasma, atau dari ribosom. Sedangkan DNA pada umumnya bisa ditemukan pada inti sel saja.

3. Bentuk Dan Ukuran

Bentuk dan ukuran dari RNA dan DNA sendiri tentunya berbeda. RNA mempunyai ukuran jauh lebih pendek dari DNA dan mempunyai bentuk yang lebih tipis. Sedangkan DNA merupakan gugusan asam amino rantai ganda. Sehingga ukuran dari DNA sendiri lebih panjang dengan bentuknya yang membulat.

4. Komponen Gula

Komponen gula yang menyusun RNA adalah ribosa. Sedangkan DNA sendiri disusun oleh komponen gula yang bernama gugus deoksiribosa. Deoksiribosa sendiri merupakan gabungan dari dua gugus gula ribosa. Romadecade

5. Jenis Nitrogen

Perbedaan RNA dan DNA sendiri juga terletak dari jenis nitrogen yang dikandungnya. RNA sendiri mengandung 2 basa nitrogen yakni purin (adenin dan guanin) serta piramidin (sitosin dan urasil). Sedangkan DNA mempunyai 3 kandungan basa nitrogen yakni purin (adenin dan guanin),  piramidin (sitosin dan timin), serta gugs fosfat.

6. Kadar

Perbedaan RNA dan DNA yang terakhir adalah kadarnya. Kadar dari RNA sendiri dapat berubah karena adanya sebuah aktivitas dari sintesis protein. Sedangkan kadar dari DNA sendiri bersifat statis karena tidak dipengaruhi oleh aktivitas sintesis protein maupun dari aktivitas genetis.

Itulah beberapa perbedaan RNA dan DNA yang dapat diketahui. Meskipun namanya hampir mirip, namun keduanya ternyata sangat berbeda. Dengan perbedaan tersebut maka akan bisa lebih memahami apa itu RNA atau DNA.

Kata kata Mutiara

Perbedaan RNA dan DNA Yang Jarang Diketahui | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *