Jadwal TV – Ragam Tayangan Menarik di TVRI

Televisi Republik Indonesia sempat menjadi satu-satunya stasiun televisi bagi pemirsa televisi Indonesia, ini terjadi setidaknya hingga tahun 1990-an. Selama itulah Televisi Republik Indonesia menyuguhkan berbagai acara yang menarik untuk ditonton dan memiliki nilai informasi yang baik. Ada beberapa tayangan yang melekat di hati pemirsanya dan hingga kini masih dikenang. Inilah beberapa di antaranya. jadwal tv

1. “Berpacu dalam Melodi”

Siapa tak ingat kuis fenomenal yang digemari banyak orang di era 1980-an hingga 1990-an ini? Wajah Koes Hendratmo selalu menghiasi layar kaca TVRI setiap hari Selasa dan Kamis terhitung tanggal 20 Desember 1988 hingga 31 Januari 1998. “Berpacu dalam Melodi” adalah hiburan berupa kuis tentang lagu-lagu, terutama lagu-lagu yang sempat populer di era 1950-an hingga 1980-an.

Karena popularitasnya membekas di hati banyak orang Indonesia, di tahun 2000-an acara ini kembali ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta yakni MetroTV. Selama lima tahun (dari tahun 2000 sampai tahun 2005) Koes Hendratmo kembali menyapa pemirsa melalui kuis “Berpacu dalam Melodi” di MetroTV.

2. “Si Unyil”

Ini dia salah satu tayangan anak yang disuguhkan oleh TVRI sejak tahun 1981 sampai 1993. “Si Unyil” selalu menemani anak Indonesia setiap minggu pagi dengan cerita-cerita ringan keseharian tiga orang sahabat, Unyil, Ucrit, dan Usro. Film boneka ini sangat populer di masanya dan menciptakan budaya populer di tengah masyarakat Indonesia saat itu.

Di tahun 1993, “Si Unyil” berpindah ke tangan RCTI, stasiun televisi swasta pertama tanah air. Kemudian tayangan ini sempat pindah lagi ke TPI yang kini berubah menjadi MnC TV. “Si Unyil” memang tidak ada duanya dan telah menjadi legenda. Unyil menjadi simbol anak Indonesia. Kini karakter Unyil hadir di Trans7 dengan format acara baru yang berbeda dan lebih informatif, tidak sekadar menyuguhkan cerita ringan sehari-hari Unyil dan teman-temannya.

3. “Oshin”

Serial televisi Jepang yang menceritakan kehidupan perempuan Jepang sejak era Meiji hingga tahun 1980-an ini ditayangkan di TVRI di tahun 1980-an, tepatnya pada tahun 1983 – 1984. Kisah hidup Shin Tanokura dalam “Oshin” menjadi favorit pemirsa televisi Indonesia di masanya. Serial TV yang memiliki 297 episode ini rupanya tidak hanya ditayangkan di Indonesia dan Jepang, tetapi juga di 57 negara lainnya. Serial televisi ini sempat diputar ulang pada tahun 2000-an di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Akan tetapi popularitasnya saat itu tidak sehebat dahulu ketika ditayangkan di TVRI.

Jadwal TV – Ragam Tayangan Menarik di TVRI | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *