Kupas Tuntas Ajang Pencarian Bakat RCTI!

Indonesian Idol, X Factor Indonesia, MasterChef Indonesia, Idola Cilik, dan lain-lain. Siapa yang belum pernah mendengar sangat sedikitnya di antara nama dari ajang-ajang penelusuran bakat top tersebut? Untuk yang belum pernah mendengarnya, mungkin kamu bukanlah penduduk negara Indonesia atau bahkan kamu tidak punya televisi? Tidak dapat dipungkiri bahwa tv online RCTI adalahsalah satu stasiun televisi yang dikenal dengan keahliannya mengemas sekian banyak ajang penelusuran bakat terbaik di Indonesia.

Ajang penelusuran bakat menyanyi Indonesian Idol dapat dikatakan menjadi pendahuluan dari kesuksesan RCTI dalam menayangkan sekian banyak ajang-ajang penelusuran bakat. Bahkan pada sejumlah musim mula penayangannya, ajang ini adalahsalah satu program yang paling disukai dilihat dari sisi rating. Hal ini juga berbanding lurus dengan penghasilan yang didapat oleh RCTI. Bukan melulu pendapatan dari sisi iklan saja, pada masa-masa tersebut voting sokongan lewat SMS pun sedang ramai-ramainya.

Melihat kesuksesan Indonesian Idol di awal-awal penayangannya, pihak RCTI terus menciptakan season-season berikutnya dengan harapan dapat mendulang berhasil kembali. Memang berapa season tadinya tetap dapat menjadi pemuncak jajaran rating masing-masing hari penayangannya yang melulu seminggu sekali. Namun sesudah sekian lama, tentunya pemirsa mulai merasa jenuh. Untuk pulang menggairahkan penelusuran bakat yang terdapat di Indonesia, dibuatlah ajang penelusuran bakat menyanyi lainnya tetapi dengan kemasan yang berbeda. Ya, X Factor Indonesia. Lalu kemudian diselenggarakan juga ajang laksana Rising Star Indonesia dan The Voice Indonesia yang sebelumnya sempat ditayangkan di Indosiar.

Banyaknya “kemasan” bertolak belakang untuk ajang penelusuran bakat menyanyi yang diselenggarakan oleh streaming RCTI menurut keterangan dari saya adalahsuatu “usaha” yang menarik. Mengapa dapat saya katakan sebagai “usaha” yang menarik? Karena mengadakan sekian banyak “kemasan” ajang penelusuran bakat menyanyi bertujuan guna kembali meraih puncak kesuksesan laksana pada waktu keemasan Indonesian Idol dulu. Berdasarkan hasil rating Indonesian Idol pada sejumlah musim terakhir, beberapa besar tidak menyerahkan hasil sebaik Indonesian Idol dahulu. Mungkin alasannya sebab masyarakat sudah jenuh dengan ajang penelusuran bakat atau jenuh dengan konsep acara tersebut.

Maka RCTI berjuang untuk menghadirkan “kemasan” baru yang mempunyai nama X Factor Indonesia yang menawarkan konsep mentoring oleh semua dewan juri secara langsung. Season perdananya dapat dikatakan lumayan sukses membalikkan euforia Indonesian Idol dahulu. Secara rating dan keuntungan dapat dikatakan sukses. Melihat keberhasilan ini maka kembali diselenggarakan X Factor season kedua. Sayangnya hasilnya tidak menggembirakan, rating X Factor season kedua anjlok ditengah penayangannya.

Lalu RCTI kembali mengupayakan menggunakan teknik yang sama dengan menghadirkan “kemasan” baru, Rising Star Indonesia yang menghadirkan gimmick layar besar yang bakal terangkat dan voting lewat aplikasi. Namun peruntungan program ini tidaklah lumayan baik. Season perdananya juga tidak sukses menarik minat penonton Indonesia. Terakhir, The Voice Indonesia menjadi ajang penelusuran bakat teranyar yang dihadirkan RCTI. Pada babak-babak awal, rating program ini lumayan menjanjikan bahkan sering masuk 10 besar rating harian. Hal ini sebab audisi The Voice memang menjadi di antara yang paling unik dengan gimmick kursi berputar dan “drama” peserta dalam memilih mentor. Namun seiring dengan dimulainya live show, rating malah perlahan semakin menurun.

Hal ini mengindikasikan bahwa “drama” dan gimmick dalam suatu program menjadi pesona tersendiri untuk para pemirsa ketimbang sebatas mendengar suara semua peserta. Ini pun turut menjelaskan kenapa D’Academy Indosiar dengan durasi sekian lama dan nyaris setiap hari digemari oleh penonton. Bagaimana komentar anda? Manakah yang menurut kamu terbaik?

Kupas Tuntas Ajang Pencarian Bakat RCTI! | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *