Obyek Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul

Parang Wedang adalah pemandian air panas dari sumber air panas alami yang memancar dari dalam bumi di dekat lokasi Pantai Parangtritis. Sumber air panas Parang Wedang mempunyai dua kekhasan di mana letaknya ada di dataran rendah yakni pinggir pantai ataulah bukan lereng gunung serta tidak keluarkan berbau belerang seperti sumber air panas biasanya. Pemandian air panas ini sebelumnya tertutup untuk umum tetapi bersamaan dengan berjalannya waktu bisa digunakan untuk umum.

Pemandian Air Panas Parangwedang
Pemandian Air Panas Parangwedang

Berwisata ke pemandian air panas parang wedang bisa sekalian bewisata ke tempat – tempat wisata menarik di Jogja. Untuk mendapatkan lokasi wisata menarik di Jogja, kalian dapat menggunakan Jasa Paket Wisata Jogja dari https://tripjogja.co.id.

Mitos Pemandian Air Panas Parang Wedang

Menurut narasi Riwayat tempat wisata Pemandian air panas Parang wedang dipakai untuk pemandian buat keluarga beberapa kerabat Keraton Yogyakarta. Tetapi seiring waktu berjalan pada akhirnya tempat ini jarang dipakai serta ditetapkan dibuka untuk pemandian yang dibuka untuk umum. Nama Parangwedang datang dari kata parang yang bermakna karang serta wedang yang bermakna air panas. Dari jaman dahulu sampai saat ini mata air di Parang Wedang ini belum pernah berhenti. Tidak hanya bisa mengobati beberapa jenis penyakit kulit, air Parang Wedang dapat mengobati beberapa penyakit seperti reumatik serta stroke.

Tempat Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang (Parangwedang) terdapat di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Sumber air panas yang dibuat memiliki kandungan mineral paling besar diantaranya Na (natrium), Cl (clorida), serta Mg(magnesium). Nama Parang Wedang datang dari kata “parang” yang bermakna karang serta “wedang” yang bermakna air panas.

Baca juga : Daftar Travel Jakarta Bandung Antar Jempur

Sarana di Pemandian Air Panas Parang Wedang

Obyek wisata di kabupaten bantul Pemandian Parang Wedang ini mempunyai luas seputar 1140 m2, mempunyai kolam penampungan air panas memiliki ukuran 9 m x 8 m, kamar mandi air hangat 6 buah serta kamar mandi air tawar 6 buah.

Akses Ke arah Pemandian Air Panas Parang Wedang

Anda tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata pemandian air panas parang wedang? Langsung bisa ke arah tempat yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis, dapat bertanya langsung ke warga seputar sebab tempat ini sangatlah familer di warga lokal. Untuk berkunjung ke Tempat pemandian ini, bila anda dari kota Yogyakarta berjarak seputar 30 km serta dapat ditempuh dalam tempo seputar 1 jam perjalanan dengan memakai kendaraan. Untuk lebih gampang akses ke arah pemandian air panas parang wedang silakan ikuti arah jalan ke arah pantai parangtritis.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Parang Wedang

Jika anda dari tengah berkunjung ke obyek wisata Pantai Parangtritis, karena itu bila anda ingin berkunjung ke tempat wisata pemandian air panas cukuplah membayar ticket untuk masuk ke kolam sebesar Rp. 4.000,- serta parkir kendaraan, jika memakai motor Rp. 2.000, jika memakai mobil Rp. 5.000,- (harga ticket dapat beralih setiap saat). Obyek wisata Pemandian air panas Parangwedang ini membuka tiap hari jam 06.00 – 18.00 Wib, tetapi jika pengunjung padat karena itu cuma sampai jam 15.00 Wib sebab suplai dari mata air panas yang hanya terbatas hingga pengunjung dibatasi.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *