Tips Membeli Rumah Pertama

Tips Membeli Rumah Pertama

Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Selain tidak perlu berpindah-pindah lagi, Anda dapat mewariskan hunian yang aman dan bisa diinvestasikan untuk keluarga. Tapi, harus diakui, memiliki rumah bukan perkara sederhana. Ada banyak kasus di mana pembelian rumah malah berakhir jadi masalah. Lalu, bagaimana memastikan proses membeli rumah mulus, cepat, dan tak mengecewakan Anda? Ikuti panduan berikut ini

rioritaskan kebutuhan & keinginan
Tidak sedikit pencari rumah yang membuang waktu karena tidak tahu rumah seperti apa yang mereka cari. Berapa ukurannya? Apakah mudah diakses angkutan umum? Apakah dekat jalan raya, mall, atau sekolah? Tuliskan spesifikasi rumah idaman Anda, lalu urutkan prioritasnya. Dengan cara ini, pencarian Anda akan lebih terarah, sekaligus mempermudah Anda dalam mengambil keputusan.

Lihat sendiri
Tertarik pada properti tertentu? Daripada hanya sibuk mencari lewat internet dan majalah, luangkan waktu untuk melihat propertinya langsung. Berbincanglah dengan pemiliknya, perhatikan lingkungannya, dan berbicaralah dengan penduduk sekitar.

Amati perkembangan daerah
Bagaimana potensi pembangunan infrastruktur di lokasi Anda hendak membeli properti? Apakah ada proyek pendirian pusat perbelanjaan baru? Atau proyek jalan raya, jalan tol, dan lain sebagainya. Jika ada, ini dapat menjadi kabar bagus untuk Anda. Karena, dalam beberapa tahun, nilai rumah Anda sangat mungkin melonjak drastis.

Teliti seksama
Anda baru saja jatuh cinta dengan sebuah rumah yang memiliki empat kamar. Tapi, hati-hati ada penjual properti yang menyembunyikan cacat bangunan, sehingga Anda hanya melihat yang baik-baik saja. Untuk menghindari pembelian yang tak Anda inginkan, tulis bagian-bagian yang ingin Anda pastikan kualitasnya. Periksa dengan cermat dan menyeluruh.

Berkawanlah dengan bank
Bank kerap menjadi partner Anda dalam membeli rumah. Jika Anda ingin mengambil hipotek, pertimbangkan seluruh pilihan yang ada. Jangan ragu pula mempelajari berbagai penawaran dari bank-bank lain, meliputi: pinjaman, syarat, hingga jumlahnya. Cari yang paling baik dan cocok untuk Anda.

Perhitungkan biaya ekstra
Biaya riil membeli rumah baru jauh lebih besar dari harga properti yang sebenarnya. Ada aneka biaya tambahan yang harus Anda bayar, seperti: legal, asuransi, perabotan baru, biaya pindahan, dan masih banyak lagi. Jangan lupa menghitungnya, sebelum memutuskan untuk membeli.

Tanyakan Bonus
Tidak sedikit pengembang rumah memberikan bonus apabila anda membeli rumah secara cash, membeli lebih dari dua unit dan lainya. Jika ternyata bonus yang diberikan ternyata sebuah genset khusus untuk rumah, artinya anda sangat beruntung sebab artinya listrik dirumah selalu bisa anda gunakan kapan saja. Sekadar informasi saja, harga genset solar yanmar 10 kva untuk rumah tangga berkisar 65 jutaan.

Tips Membeli Rumah Pertama | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *