Efek Musik terhadap Psikologis dalam Berbagai Genre

Alunan musik sangat mampu mengubah suasana hati. Kamu bisa mendengarkan musik dengan genre sesuai suasana hati. Terlepas dari pengalamanmu yang merasa tenang setelah mendengar musik download lagu pilihan, ternyata efek musik terhadap psikologis memang benar adanya. Dari sekian banyak genre musik, masing-masing genre tersebut punya efek berbeda-beda ke psikis manusia.

1. Pop

Pop adalah genre paling banyak digemari karena easy listening. Banyak kaum muda yang menggandrungi genre ini. Banyak lagu remaja mulai dari jatuh cinta, bimbang, putus cinta, sampai patah hati yang beraliran pop.

Sebenarnya, musik pop ini juga mampu membangkitkan semangat karena nada dan lagunya yang bisa disesuaikan dengan suasana hati. Tempo dan ritmenya mudah dipahami dan diikuti, sehingga bisa menormalkan kembali detak jantung. Pernapasan dan aliran darah bisa normal tanpa tekanan.

2.Country

Genre berikutnya adalah country dengan irama yang bersemangat. Jika kamu sedang berbahagia atau mencari semangat, maka sangat cocok mendengarkan musik ini. Jadi, untukmu yang sedang bersedih, jangan mendengarkan lagu ini.

3.Reggae

Reggae adalah genre yang asyik dan cocok untukmu yang emosinya seringkali meledak-ledak. Pasalnya, reggae merupakan genre dengan irama yang mampu menenangkanmu. Beberapa orang juga mengatakan jika reggae adalah genre dengan ritme musik yang menyehatkan jantung manusia, terlebih jika mendengarkannya ketika istirahat.

4. Blues

Pernahkah mendengar musik blues? Blues punya efek musik terhadap psikologis yang menenangkan hati ketika sedang gelisah atau gugup. Kamu bisa memutar musik blues yang berfungsi melambatkan detak jantung yang semula berdetak lebih kencang akibat tekanan dari rasa gugup ataupun gelisah tersebut. Jadi, kamu bisa tenang setelah mendengar ritme musik ini.

5.Heavy Metal

Heavy metal adalah aliran musik yang cocok untukmu yang agresif dan suka keramaian. Lirik dan melodinya bisa memengaruhimu dengan cepat. Untukmu yang bersifat lembut dan penyayang, jenis musik ini mungkin tidak cocok karena sangat ramai dan menggebu. Ketika sedang sedih atau banyak pikiran, musik ini juga tidak cocok karena sangat ramai dan bernada keras.

6.Rap dan Hip Hop

Genre musik ini dapat menyalurkan emosi, kegundahan, dan kekesalan akan sesuatu. Kamu bisa merasa lebih lega dan membaik setelah mendengarkan ataupun menyanyikan lagu rap dan hip hop.

Aliran musik ini mampu mengubah mood dalam beberapa metode, bergantung lirik serta tempo musik, serta semua pesan yang dimuat di dalamnya. Lagu rap ini membawa pesan mengenai kekerasan, kemarahan, dan keangkuhan yang bisa membuatmu rileks.

7.Disco

Sepelan apapun dalam memutar aliran musik ini, kamu akan terbawa suasana senang. Musik disko ini dapat membuatmu terbawa suasana serta siap untuk memulai hari baru lebih baik. Proses perubahan mood ke arah yang lebih baik ini berjalan lebih cepat. Tempo cepat serta tingginya energi dalam aliran musik ini sampai membuatmu ingin bergoyang. Joget asyik pun dilakukan.

8.New Age

New age ini merupakan aliran musik yang banyak diisi instrument dari beragam jenis suara. Genre ini mampu membawamu pada ketenangan dengan proses cepat, sehingga sangat pas sebagai musik untuk meditasi ataupun relaksasi.

9.Oldies

Apakah kamu sedang jatuh cinta atau baru saja menjalin hubungan? Atau bahkan baru saja menikah? Tentu kamu adalah orang yang tepat mendengarkan, menyanyikan, bahkan memainkan musik oldies ini. Lagu ini sangat romantis dengan lirik yang bikin melelah.

Sudah paham kan, genre apa yang bisa kamu pilih? Jadi, jangan sampai ada alasan bad mood mulai dari sekarang. Ciptakan kehidupan yang positif dengan mendengarkan atau bahkan memainkan musik sesuai suasana hati. Penyesuaian tersebut sangat baik untuk mendapatkan efek musik terhadap psikologis yang positif. Kamu akan lebih enjoy dalam menikmati hidup.

Efek Musik terhadap Psikologis dalam Berbagai Genre | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *