Pengertian Bordir dan Sulaman

Bordir atau sulaman ialah hiasan yang dibikin diatas kain atau beberapa bahan lain dengan jarum jahit serta benang. Bukan hanya benang, hiasan untuk sulaman atau bordir bisa memakai beberapa bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, serta payet.

Pengertian Bordir dan Sulaman
Pengertian Bordir dan Sulaman

Ketika kalian membutuhkan jasa bordir terbaik, kalian bisa menggunakan jasa Konveksi Jogja terbaik yang kami rekomendasikan. Silahkan kunjungi https://www.konveksijogja.co.id.

Pandangan sulaman, dalam kamus bahasa Indonesia sulam diambil rangkuman ‘suji” atau ‘tekad. Dalam bahasa Sunda, merajut disebutkan ‘ngabordeI ‘ yang bermakna membuat hiasan pada kain dengan beberapa benang berwarna. Sulaman menurut Bernice Barsky dalam buku Beberapa Hoby Rumah Tangga ialah Sulaman pemula adalah contoh sulam – merajut saat ini. Dengan gambar panorama, huruf, angka, dan bunga hiasan tepi yang umumnya ditangani dengan setik silang pada kain tenunan lurus. sejumlah besar ada dari perubahan yang berjalan di Amerika serta Inggris di antara tahun 1753 serta 1840.

Baca juga : Tips Memilih Jaket Pria

Dari pandangan di atas, karena itu sulaman adalah pekerjaan memberi hiasan di atas kain, kulit, serta kertas . Merajut bisa ditangani dengan mesin atau tangan. Piasanya sulam diaplikasikan pada bagian – sisi tersendiri, seperti tepian, sambungan, serta pojok – pojok yang disaksikan butuh.

Antara type tusukan yang umum dijumpai dalam merajut ialah tusuk rantai,tusuk jelujur, tusuk kelim, serta tusuk silang. Bukan hanya dijahit dengan tangan, sulaman dibikin dengan mesin jahit serta Mesin Bordir computer.

Dari kamus bahasa sunda sendiri pandangan dari Merajut ialah satu karya seni yg dibikin oleh tangan manusia. Merajut dijumpai baik di negeri atau di luar negeri. Misalnya negara jepang. Merajut mampunyai beberapa tehnik yakni, tehnik jelujur, tehnik rantai, tehnik tangkai, tehnik silang, dan sebagainya. Merajut memiliki bentuk seperti daun,bunga,tangkai serta lain lain. Untuk bikin sulaman kita membutuhkan bahan yakni jarum sulam, benang sulam, pita, payet, pembidang/ ram, gunting, kain strimin/ kain.

Kain serta benang yang digunakan untuk seni bordir berlainan menurut tempat serta negara. Semenjak beberapa ribu tahun saat itu, kain atau bedang dari wol, linen, serta sutra telah digunakan untuk bikin sulaman. Bukan hanya benang dari wol, linen, serta sutra, sulaman kekinian memakai benang sulam dari katun atau rayon.



Pengertian Bordir dan Sulaman | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *