Perbedaan Proyektor Sinema dan Proyektor Rumahan

Perbedaan Proyektor Sinema dan Proyektor Rumahan

Smilesmultimedia – Fungsi utama dari proyektor pada umumnya memang untuk kebutuhan visual multimedia. Bila ditempatkan di dalam rumah, proyektor ini digunakan untuk memutar film maupun video untuk ditonton bersama keluarga maupun teman. Namun bila disimpan di kampus, sekolah atau di kantor, proyektor biasanya dipakai untuk presentasi. Apa saja sih yang membedakan proyektor rumahan dengan proyektor sinema?

Gambaran Umum Dari Fungsi Proyektor

Sebagian besar orang tentunya tahu apa saja fungsi utama proyektor ketika ditempatkan di sekolah, kampus, kantor maupun institusi pemerintah dan kerja lainnya, namun tidak banyak orang yang tahu apa saja fungsi utama dari proyektor ketika ditempatkan di bioskop.

Awalnya, proyektor diciptakan untuk membantu manusia dalam mengerjakan aktivitasnya, namun semakin lama proyektor memiliki fungsi lainnya termasuk untuk menonton film di rumah sebagaimana yang ditampilkan di layar lebar.

Daripada menonton di dalam bioskop, beberapa orang lebih memilih untuk menikmati tontonan film favorit mereka di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Maka dari itu, diciptakanlah teknologi proyektor terbaru yang khusus dipakai di rumah sebagai perlengkapan home theater.

Para produsen film internasional saat ini mulai beralih dari teknik produksi film pada format digital, sehingga kondisi ini lambat laun memaksa bioskop konvensional yang biasanya memakai film seloluid 35mm untuk dapat mengkonversi pada proyektor digital yang kita kenal sebagai DCP. Teknologi inilah yang kemudian diaplikasikan di proyektor sinema.

Aplikasi Teknologi Pada Proyektor

Biasanya proyektor rumahan itu memakai teknologi Digital Light Process (DLP) dengan fungsional kaca berukuran kecil dan tajam, proyektor ini menghasilkan kontras tinggi serta akurasi warna yang jelas dan indah. Teknologi tersebut mampu menghasilkan efek pelangi yang tidak pas bila digunakan sebagai proyektor kantoran karena efek pelanginya akan mengganggu ketika dipakai saat presentasi.

Proyektor sinema memakai teknologi DCP di mana teknologi ini mampu menekan beban biaya produksi terutama bagi pembuat film, dengan teknologi ini karya mereka bisa langsung diproses maupun diputar tanpa perlu diubah terlebih dahulu pada format seluloid.

Perbedaan Proyektor Sinema dan Proyektor Rumahan | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *