Tren Naik Gunung Sedang Menggila di Kalangan Anak Muda, Sampah Justru Bertambah


Yap, kini tren naik gunung memang sedang di gemari banyak sekali para pemuda dan pemudi di Indonesia. Apalagi sejak kemunculan serial film 5 cm yang memamerkan keindahan Gunung Semeru. Sejak saat itu, naik gunung menjadi suatu tren yang sangat diminati di kalangan anak muda.

Kini juga sudah banyak agen – agen perjalanan yang membuka paket untuk berwisata ke gunung. Dan memang peminatnya juga sangatlah banyak. Namun menurut kami, perjalanan menaiki gunung memanglah suatu perjalanan yang sangat seru.

Masalah sampah di Gunung !

Biasanya, yang namanya tempat wisata, pasti orang – orang akan banyak meninggalkan sampah. Dan ternyata benar saja, di banyak gunung di Indonesia.

Masih banyak sampah – sampah yang dibuang tidak pada bak sampah fiberglass dan ditemukan oleh petugas penjaga gunung tersebut.

Ya, padahal sangat dilarang bahkan ada sanksi berat apabila ada yang kedapatan membuang sampah sembarangan di areal gunung. Miris memang, karena sampah yang di buang sembarangan di gunung, akan bisa menimbulkan masalah baru yang salah satunya adalah kerusakan alam.

Menurut TC ( Trashbag Community ) yang merupakan sebuah komunitas peduli sampah dan juga gunung di Indonesia , mencatat bahwa sampah plastik adalah yang paling banyak ditemui di gunung – gunung Indonesia. Sampah botok plastik juga sangat banyak, lalu disusul oleh sampah puntung rokok yang juga jumlahnya tidak sedikit di gunung – gunung.

Kebiasaan buruk  yang masih ada dalam diri pendaki tentu harus lah dihilangkan sejak saat ini. Harus ada aturan yang lebih ketat lagi terkait dengan sampah. Apalagi sampah plastik adalah sebuah sampah yang sangat sulit di urai oleh alam. Butuh waktu puluhan hingga ratusan tahun sampai sampah plastik benar – benar bisa terurai.

Mungkin ada sebagian dari kita hanya berpikir “ hewan kan gasukan sampah, masa iya hewan makan sampah “. Dan nyatanya memang begitu. Mereka makan sesuai naluri, tidak tau itu sampah atau bukan. Atau ketika mereka sedang makan dan nyatanya ada sampah yang ikut ke makan, tentu para hewan yang ada di sana juga tidak akan tau.

Makanya, ayo mulai dari sekarang, pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan. Dimanapun kamu berada.

Tren Naik Gunung Sedang Menggila di Kalangan Anak Muda, Sampah Justru Bertambah | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *