Lakukan hal ini supaya ban mobil anda awet

Umur dari pemakaian ban mobil itu sangat terbatas, karena usia ban mobil normalnya bertahan selama 3 tahun. Dan biasanya kalo sudah lama begitu, dari karet si ban mobil tersebut bakal kehilangan elastisitasnya.

Meskipun usia pemakaiannya sangat terbatas, bila dilakukan berkendara gaya ugal-ugalan tentunya ban mobil kalian bakal cepat rusak. Bukan selama 3 tahun, bisa jadi selama 2 tahun atau 1 tahun ban mobil kalian sudah botak. Ingat, lho! Ganti ban mobil itu gak murah.

Nah, buat kalian yang gak mau ngalami masalah seperti ini, mari kita simak kesalahan apa saja yang menyebabkan ban menjadi rusak sebelum waktunya.

Tidak Pernah Merotasi Ban

Rotasi dari ban tersebut maksudnya adalah menukar posisi si ban. Contoh ban bagian belakang ditukar menjadi bagian depan, atau bisa juga ban sebelah kanan ditukar ke sebelah kiri. Bagusnya rotasi tersebut dilakukan secara silang. Ban kiri depan di pindah jadi ban kanan belakang, dan sebaliknya.

Tidak Pernah Balancing dan Spooring

Spooring gunanya adalah buat bikin ban mobil kalian menjadi sejajar supaya kalian berkendara tetap stabil. Dan balancing gunanya adalah agar putaran ke 4 roda atau ban menjadi tetap seimbang.

Ketika kalian tidak pernah melakukan Spooring dan Balancing, otomatis arah laju dari roda atau ban gak bakal lurus dan seimbang. Kalo masalahnya udah seperti ini dijamin mobil kalian gak nyaman untuk dikendarai.

Sering Melewati Jalan yang Rusak dan Berlobang

Ketika kalian sering melewati atau menebas jalanan yang berlubang maupun disengaja atau tidak, maka ban mobil kalian akan cepat rusaknya. Oleh karena itu, dari sekarang kurangin untuk ngebut-ngebutan, jadi dimana kalo tiba-tiba ada lobang kalian masih punya waktu untuk menghindarinya.

Mengabaikan Tekanan Ban

Usahakan agar tekanan dari ban sesuai dengan yang direkomendasikan. Kalian bisa cek di buku manual, atau coba cek memakai alat tekanan. Karena jika diatas standar atau dibawah, ban bisa lebih cepat aus. Bahkan bisa boros ke bahan bakar.

Baca juga: tempat gadai bpkb di bogor

Kalo tekanan terlalu tinggi, bagian dari tengah ban bakal cepat aus. Sementara jika ban terlalu rendah, maka permukaan pada ban yang menyentuh aspal jadi tidak merata.

Sering Melebihi Muatan

Ketika kalian berkendara atau mengemudi denga muatan yang berlebihan, benang nylon dari lapisan carcass akan lebih cepat putusnya. Bahkan bisa lebih mudah menjadi aus.

Semakin besar beban mobil kalian maka akan semakin besar juga gesekan yang dialami oleh ban. Untuk mencegahnya maka jangan terlalu sering berkendara dengan muatan yang kelewat berat.

Lakukan hal ini supaya ban mobil anda awet | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *