Sinopsis Horas Amang, Kisah Berasal dari Cerita Pertunjukan Teater Batak

Film berjudul Horas Amang yang menceritakan tentang budaya Batak akan dirilis dan tayang di bioskop. Film ini diproduksi oleh Prama Gatra Film yang menceritakan tentang budaya Batak. Film ini diasopsi dari drama pertunjukkan teater yang sangat popular di tahun 2016. Berasal dari teater Legiun, kemudian ada yang tertarik untuk membuatkan film yang khas mengambil budaya Batak. Film ini disutradarai oleh Irham Acho yang membuat budaya Batak sangat kental di dalamnya melalui tarian dan soundtrack khas daerah berbudaya Batak.

Film ini bercerita tentang kisah orang –orang Batak yang diperankan oleh Cok Simbara, Tanta Ginting, Novita Dewi dan Jack Marpaung. Cok Simbara berperan sebagai Amang. Film ini untuk dapat mendalami karakter dan budaya Batak aslinya, mengunakan pemeran pemeran yang memang asli orang Batak. Sehingga logatnya terkesan asli tidak dibuat- buat. Salah satu produsernya, Jufriman Saragih yang juga orang Batak, mengatakan bahwa naskah film Ibas Aragi ini diharapkan mampu membawa kembali para penonton untuk mengingat budaya daerahnya, kembali ke kampong halaman dan keluarga.

Film ini menggunakan lagu- lagu dengan bahasa Batak juga seperti lagu berjudul ‘Anakku Naburju;. Selain itu music khas Batak dengan irama music gondang juga digunakan. Hal ini untuk memberikan kesan Batak yang sangat kental. Melalui film ini diharapkan generasi bangsa yang cinta dengan keluarganya, mampu menghargai, dan menyayangi orang tua. Kembali kepada keluarga dan budaya asal yang diajarkan orang tua sedari kecil.

Film ini berkisah tentangn seorang ayah atau amang sebutannya dalam bahasa Batak. Ayah merasa sedih karena anak- anaknya tidak mengenal budaya Batak karena tergerus budaya jaman now. Sebuah keluarga yang kurang harmonis memiliki tiga orang anak. Ketiga anaknya memilih untuk tinggal di kota besar. Semenjak itu mereka tumbuh menjadi anak yang kurang berbakti.

Sang Ayah ingin anak- anaknya tidak lupa dengan budaya asalnya, sehingga melakukan banyak cara untuk mengubah hidup mereka. Sang Amang lalu mendidik anaknya agar tidak lupa sopan santun adat istiadat yang berasal dari daerah asalnya. Sang Amang sangat mencintai anak- anaknya sehingga tidak ingin mereka tumbuh semakin tidak tahu budaya dan sopan santun. Cara seperti apa yang dilakukan Amang untuk mengubah anak- anaknya? Film ini akan dirilis di bioskop pada tanggal 26 September 2019 mendatang.

Sinopsis Horas Amang, Kisah Berasal dari Cerita Pertunjukan Teater Batak | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *