7 Langkah Membuat Master Gambar Bordir Komputer

Ketika membeli mesin bordir yang menggunakan teknologi komputer, berarti anda perlu menyiapkan software tertentu untuk membuat desain logo bordir. Logo bordir yang dibuat, nantinya akan diuji coba terlebih dahulu untuk melihat hasil bordiran sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Dalam membuat logo ini, tidaklah mudah seperti kelihatannya, karena anda perlu menguasai cara menggunakan software agar hasilnya bordir komputer lebih maksimal, berikut langkahnya.  

Langkah Untuk Membuat Bordir Menggunakan Wilcom

1. Aktifkan Software Wilcom Pada Komputer

Tahap pertama yang harus dilakukan, yaitu mengaktifkan software Wilcom yang digunakan untuk mendesain brodir. Untuk memulainya, kamu bisa meminta bantuan dari file sebelumnya, ataupun logo yang kamu unduh di internet. Kemudian tentukan batas area yang akan dibordir ataupun yang tidak, yaitu dengan cara klik toolbar complex fill. Apabila anda menentukan membordir logo sesuai dengan bentuk logo yang dibuat, maka hasil bordir akan mengikuti garis logo.

Namun kamu juga bisa menetukan area bordir komputer tanpa mengikuti bentuk logo aslinya. Misalnya kamu menggunakan logo berbentuk bulat, namun kamu bisa membordirnya berbentuk kotak. Hal ini dikarenakan mesin bordir hanya melihat batasan bordir yang telah kamu tentukan sebelumnya, bukan menurut file yang telah unduh. Sehingga, kamu perlu berhati hati dalam memilih batasan bordir, agar logo tidak terpotong saat dibordir.

2. Duplikasikan Logo yang Telah Diberikan Batas Bordir

Langkah selanjutnya adalah menduplikasikan area bordir yang telah dilakukan pada tahap pertama. Caranya cukup mudah, yaitu mengatur putaran pada logo yang sebelumnya sudah diduplikat terlebih dahulu, dan atur juga kemiringan logo agar sesuai dengan gambar logo tersebut, misalnya bentuk bulat untuk membuat logo donat. Untuk memudahkan kamu, pilihlan logo yang memiliki sisi sama, sehingga mudah ketika memasuki proses duplikasi.

3. Menentukan Batas Bordir Kembali

Seperti pada tahap pertama, kamu perlu menentukan batasan area yang akan dibordir. Namun bedanya, pada tahap ini menentukan batasan bordir komputer pada lokasi berbeda, bahkan bentuknya juga berbeda. Setelah kamu telah mementukan batasan area bordir, kamu bisa menduplikat kembali jika logo yang digunakan memiliki sisi kanan yang sama. Jika tidak, maka kamu harus membuat bentuk kembali untuk menghasilkan logo yang diinginkan.

jasa bordir komputer

4. Duplikasi Hasil Area Bordir Sebelumnya

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menduplikasikan area bordir yang sebelumnya telah dibuat. Hasil duplikat tersebut diletakkan pada lokasi tertentu yang memiliki bentuk sama. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kemiringan dengan cara memutarkan logo agar sesuai dengan keinginan. Pada tahap ini, kamu telah menyelesaikan tahapan untuk memberikan batasan area bordir, dimana akan berbentuk gambar logo sesuai dengan keinginann anda.

5. Lakukan Uji Coba

Pada tahap selanjutnya, akan dilakukan tahap uji coba. Tahap ini berfungsi untuik mengetahui bagaimana alur benang ketika proses bordir berlangsung, sebab proses ini nantinya akan dilakukan otomatis menggunakan mesin bordir berteknologi komputer. Dalam proses ini, hendaknya perhatikan setiap alur perjalanan benang. Apabila kamu menemukan kesalahan seperti benang yang melakukan loncatan benang, maka kamu perlu memperbaiki alur benangnya.

7. Mengatur Alur Benang Pada Proses Bordir

Setelah tahap sebelumnya selesai dilakukan, kamu perlu mengatur perjalanan benang agar proses bordir. Hal ini berfungsi untuk  meminimalisir adanya langkah loncatan benang yang terlalu jauh, yang mungkin saja menyebabkan resiko putus benang. Jika selesai dilakukan, kamu bisa melakukan uji coba kembali agar benang dapat berjalan sesuai dengan laur yang ditetapkan. Jika benang sudah berjalan sesuai jalurnya, tandanya bordir komputer siap digunakan.

Nampaknya penggunaan mesin bordir berteknologi komputer tidak semudah yang dikira maka dari itu kalian membutuhkan jasa bordir komputer berpengalaman, lantaran kamu harus menguasai terlebih dahulu softwarenya. Software ini tidak hanya berfungsi  untuk menghasilkan logo yang sesuai dengan keinginan, namun menentukan alur benang bordiran. Oleh karena itu ada tahap uji coba untuk memperhatikan alur benang pada saat proses bordir, sebab ditakutkan ada benang yang terputus karena terjadi kesalahan.

7 Langkah Membuat Master Gambar Bordir Komputer | posted by Syle | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *