Cara Membuat Rencana Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

Sekarang setelah Anda memahami mengapa Anda memerlukan rencana bisnis dan Anda telah menghabiskan beberapa waktu mengerjakan pekerjaan rumah Anda mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk membuatnya, saatnya menyingsingkan lengan baju Anda dan menyelesaikan semuanya di atas kertas. Halaman-halaman berikut akan menjelaskan secara rinci tujuh bagian penting dari rencana bisnis: apa yang harus Anda sertakan, apa yang tidak boleh Anda sertakan, cara menghitung angka, dan sumber daya tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan. Dengan mengingat hal itu, langsung masuk.

Ringkasan bisnis

Dalam garis besar keseluruhan rencana bisnis, ringkasan eksekutif akan mengikuti halaman judul. Ringkasan harus memberi tahu pembaca apa yang Anda inginkan. Ini sangat penting. Terlalu sering, apa yang diinginkan pemilik bisnis terkubur di halaman delapan. Nyatakan dengan jelas apa yang Anda minta dalam ringkasan.

Deskripsi bisnis

Deskripsi bisnis biasanya dimulai dengan deskripsi singkat tentang industri. Saat menjelaskan industri, diskusikan pandangan saat ini serta kemungkinan masa depan. Anda juga harus memberikan informasi tentang semua berbagai pasar dalam industri, termasuk produk atau perkembangan baru yang akan menguntungkan atau merugikan bisnis Anda.

Strategi Pasar

Strategi pasar adalah hasil dari analisis pasar yang cermat. Sebuah analisis pasar memaksa pengusaha untuk menjadi akrab dengan semua aspek pasar sehingga target pasar dapat ditentukan dan perusahaan dapat diposisikan untuk mengumpulkan bagian penjualannya.

Baca Juga:  Tips Terbaik untuk Memulai Bisnis Pengiriman Makanan Online

Analisis Kompetitif

Tujuan dari analisis persaingan adalah untuk menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing dalam pasar Anda, strategi yang akan memberi Anda keunggulan tersendiri, hambatan yang dapat dikembangkan untuk mencegah persaingan memasuki pasar Anda, dan kelemahan apa pun yang dapat dieksploitasi dalam siklus pengembangan produk.

Rencana Desain & Pengembangan

Tujuan dari bagian desain dan rencana pengembangan adalah untuk memberikan gambaran kepada investor tentang desain produk, memetakan perkembangannya dalam konteks produksi, pemasaran dan perusahaan itu sendiri, dan membuat anggaran pengembangan yang akan memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya. .

Rencana Operasi & Manajemen

Rencana operasi dan manajemen dirancang untuk menggambarkan bagaimana fungsi bisnis secara berkelanjutan. Rencana operasi akan menyoroti logistik organisasi seperti berbagai tanggung jawab tim manajemen, tugas yang diberikan ke setiap divisi dalam perusahaan, dan persyaratan modal dan biaya yang terkait dengan operasi bisnis.

Faktor Keuangan

Data keuangan selalu berada di belakang rencana bisnis, tetapi itu tidak berarti bahwa data tersebut kurang penting daripada materi di muka seperti konsep bisnis dan tim manajemen.